Amankah buah Mengkudu untuk Dikonsumsi?

Buah Mengkudu merupakan buah yang mempunyai bentuk kurang menarik, rasa yang tidak banyak orang suka, bahkan memiliki bau yang kurang sedap dan menyengat. Tetapi, buah yang dikenal dengan nama pace ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun, apakah buah mengkudu aman untuk dikonsumsi?.

Buah ini merupakan bagian dari spesies kopi yang dipercaya memiliki banyak manfaat dan khasiat, semacam menurunkan hipertensi maupun kolesterol, mengobati asam urat, diabetes, dan kanker. Biasanya buah ini dikonsumsi dengan cara di jus atau dibuat dalam bentuk suplemen makanan dari pada dimakan secara langsung.

Ahli gizi klinik, Dr. Marya Warascesaria Haryono, SpGK mengungkapkan, bahwa buah mengkudu mengandung senyawa yang bersifat anti-inflamasi dan antioksidan. Senyawa itu sangat baik untuk kesehatan tubuh. Senyawa antioksidan dalam mengkudu bisa menghambat risiko kanker. Walaupun daun dan buahnya mengandung zat anti-inflamasi dan antikanker, namun yang paling maksimal khasiatnya ialah buah yang sangat matang bahkan yang sudah lembek berair karena zat aktifnya lebih banyak daripada buah  mengkudu yang matangnya biasa.

Toksisitas dari buah mengkudu, ialah Terpenoid yang merupakan salah satu zat yang terkandung pada buah dan daun buah mengkudu. Terpenoid adalah senyawa kimia, berfungsi sebagai pertahanan tumbuhan dalam bentuk metabolit sekunder. Zat aktif dari metabolit sekunder terpenoid memiliki efek farmakologis dengan membantu proses organik tubuh dan pemulihan sel-sel dalam tubuh manusia.

Note:

Untuk orang yang memiliki gangguan ginjal sebaiknya tidak mengonsumsi buah ini karena memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi, dan disarankan untuk ibu hamil dan menyusui untuk tidak mengonsumsi buah ini karena belum ada penelitian yang membuktikan kalau buah mengkudu, aman atau tidaknya untuk ibu hamil dan menyusui.

Leave a Comment