Asal Muasal Dorayaki

Dorayaki nama kue yang sering disebut dalam kartun Doraemon karena Doraemon sangat menyukai kue manis itu. Kue apem lembut, mungil, berbentuk bundar gepeng, dan nantinya selagi masih panas dia diolesi dengan selai kacang merah dan dilipat sehingga bentuknya jadi mirip dengan kerang.Rasanya yang enak, cukup untuk mengganjal perut sampai beberapa jam.

Konon kue Dorayaki diciptakan oleh seorang pendekar yang bernama Saito Musashibo Benkei, ia adalah seorang Biksu di Gunung Hiei. Dan ketika dia kalah dalam pertarungan, ia mengalami luka yang harus dirawat disalah saorang penduduk. Setelah ia sembuh Benkei memanggang adonan dari campuran air dan tepung diatas alat musik Gong.Selesai memanggang adonan tersebut, Benkei memberikan kue bundar yang berisi selai kacang tersebut kepada penduduk yang telah merawatnya.

Pada tahun 1914 Dorayaki diperkenalkan oleh perusahaan kue Usagiya dan menjadi populer di seluruh Jepang.Dan kini Dorayaki sudah masuk ke Indonesia yang dikenal dengan sebutan Obanyaki, rasanya sudah sangat sesuai dengan selera masyarakat Indonesia.

Leave a Comment