Berbagai Fungsi Buah dan Biji dari Pepaya

Buah merupakan makanan yang banyak sekali khasiat dan manfaat bagi tubuh, terpenting saat kita sakit, Dokter akan menyarankan memakan buah setiap saat. Dan buah yang dapat melancarkan pencernaan pula ada banyak sekali jenis, inilah contohnya: pisang, kiwi, nanas, buah naga, apel, dan yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat jika ada masalah pencernaan yaitu pepaya.

Karena Pepaya merupakan jenis buah yang memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut dan juga menyegarkan. Buah ini menjadi buah yang aman dikonsumsi secara rutin, baik bagi orang yang sedang sehat ataupun yang sedang menderita sakit. Lantaran kandungan nutrisi yang ada didalam buah pepaya dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan tubuh dan sebagai bahan terapi pengobatan.

Dengan mengonsumsi buah Pepaya dalam jumlah yang cukup, mampu menghalau bersemayamnya racun-racun di dalam tubuh. Pepaya juga termasuk buah yang kaya akan Antioksidan dan termasuk Vitamin C, flavonoid, folat, Vitamin A, asam panthotenic, mineral, magnesium, Vitamin E, kalium, serat dan Vitamin B. Vitamin C dalam buah pepaya sangat baik untuk kulit dan melancarkan haid, bukan hanya itu Vitamin C juga berfungsi untuk mengatasi masalah pencernaan, sariawan, dll.

Untuk satu gelas Jus pepaya, bisa memenuhi 10% kebutuhan zat potasium dan 13% kandungan tembaga. Asam folat yang ada didalam buah ini pun mampu menjaga kesehatan jaringan, sehingga Haid yang tidak lancar bisa teratasi dengan mudah. Bukan sekedar itu saja, Buah pepaya mampu untuk mengatasi jerawat pada wajah dan membuat kulit menjadi sehat. Karena Tingginya kandungan Vitamin A pada buah pepaya, maka mampu meningkatkan prosuksi sel kulit yang sehat untuk melawan sel kulit mati yang menyebabkan jerawat pada wajah.

Khasiat pepaya bagi kesehatan lainnya adalah untuk diet. Satu buah pepaya ukuran medium panjang 5 inci (12,7 cm) dan diameter 3 inci (7,6 cm) hanya mengandung 119 kalori, kurang dari 0,5 g lemak, 24 g gula alami dan 5,5 g serat. Jadi, Anda bisa mengonsumsi pepaya di sela-sela diet Anda tanpa harus takut akan mengalami peningkatan berat badan. Menjaga kesehatan paru-paru, karena kandungan Vitamin A yang ada didalam buah pepaya sngat bermanfaat bagi orang-orang yang memiliki kondisi paru-paru lemah.

Bukan sekedar buahnya saja yang memiliki manfaat dan Khasiat yang banyak, ternyata biji pada buah pepaya juga memiliki manfaat untuk pengobatan. Dalam Penelitian yang telah dilakukan, kandungan pada biji pepaya yaitu antibakteri, ternyata efektif membasmi E.Coli, Salmonella, infeksi Staphdan dapat membasmi Racun Hati. Pada pengobatan di Negara Cina dipercaya kalau 1 sendok teh biji pepaya dapat membantu Detoksifikasi Hati. Dan biji pepaya sangat direkomendasikan oleh para Dokter secara alami untuk pengobatan pada sirosis Hati.

Note:
Bagi yang Ibu hamil disarankan jangan sekali-kali mengonsumsi biji pepaya sebagai obat atau apapun, karena bisa menyebabkan risiko keguguran.

Leave a Comment