Berbagai Jenis Kentang dan Khasiatnya

Kentang merupakan tanaman dari sejenis Solanaceae yang mempunyai umbi batang dan dapat dimakan bahkan bisa disebut “Kentang” pula. Umbi kentang sekarang ini telah menjadi salah satu makanan pokok di Eropa meskipun pada awalnya didatangkan dari Benua Amerika Selatan. Kentang yang memiliki nama latin Solanum tuberosum L. yang menjadi salah satu tanaman pangan terpenting didunia setelah beras dan gandum yang biasa dikonsumsi manusia.

Pusat Kentang Internasional (CIP) Menuturkan bahwa daerah tersebut adalah Pusat Lisensi Hayati Kentang. Yang dapat dibudidayakan di seluruh negara beriklim sedang, tropis, dan subtropis. Untuk di Indonesia, kentang dibudidayakan oleh petani di daerah dataran tinggi sekitar 800-1800 m. Kentang termasuk tanaman umbi yang tergolong tanaman pendek karena tumbuhnya berantakan dan menjalar serta memiliki batang berbentuk segi empat.

Kentang memilki berbagai macam jenis diantaranya:

  • Kentang Merah Kentang semacam ini termasuk langkah dan jarang ditemui . Untuk bisa mendapatkannya, kita bisa datang ke dataran tinggi Dieng yang merupakan salah satu daerah terkenal sebagai penghasil kentang merah di Indonesia. Untuk penyajian kentang merah, kita bisa merebusnya atau dicampur dengan salad. Kentang merah memilki kandungan Nutrisi yang kaya akan Kalium, Karbohidrat, Vitamin C, Antioksidan, Protein, Zat besi, dan Fosfor.
  • Kentang Inggris Kentang Inggris ini banyak dibudidayakan di daerah jawa timur, kentang Inggris ini berbeda dari kentang-kentang lainnya karena kentang ini tergolong kentang yang berkualitas, dari rasanya yang enak dan gurih, kentang ini kuat terhadap hama dan penyakit.
  • Kentang kuning Kentang yang memiliki kulit dan umbi berwarna kuning. Dari rasanya kentang kuning ini lebih enak dari kentang putih dan juga tidak mudah hancur saat digoreng dan dimasak. Walaupun harganya yang mahal, tetapi kentang ini sangat cocok untuk menjadi kentang goreng ala restoran, kroket, perkedel , bahkan kentang panggang. Kandungan dari kentang kuning yakni, Protein, lemak, karbohidrat,  kalsium, dan Vitamin C.
  • Kentang hijau Kentang yang panen terlalu dini atau terlalu banyak mendapatkan sinar matahari. Untuk warna dari kentang hijau ini berasal dari Solanin, yaitu Alkaloid yang mengandung komposisi yang berbeda. Maka dari itu jangan sampai mengonsumsi kentang jenis ini, karena kentang hijau atau muda dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti sakit kepala, sakit perut, dan buang-buang udara. Kentang  jenis ini sangat jarang untuk masakan, sebab belum cukup matang untuk dikonsumsi.
  • Kentang Hitam Kentang yang kulitnya berwarna ungu tua, setengah umbinya berwarna krem pucat dengan lingkaran ungu. Kentang jenis ini banyak ditanam di kepulauan Shetland. Untuk penyajiannya bisa dibuat sup dan salad. Kandungan yang dimiliki kentang hitam yaitu energi sebesar 142 Kkal, Protein 0,9 gr, lemak 0.4 gr, Karbohidrat 33,7 gr, kalsium 34 mg, dan Vitamin C 38 mg. Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa daging dan kulit dari kentang hitam memiliki khasiat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker 4 kali lebih tinggi.

Sekarang ini kita tahu akan kehebatan dari berbagai macam kentang walaupun terlihat biasa saja tetapi banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari kentang-kentang ini. Untuk yang belum pernah makan kentang, ayo coba untuk makan kentang mulai sekarang.

Leave a Comment