Bika Ambon

Bika merupakan sejenis makanan manis yang berasal dari indonesia, yang terbuat dari bahan-bahan yang cukup sederhana seperti telur, gula, dan santan. Bika Ambon bisa bertahan dalam kondisi baik yaitu selama 4 hari, jika lebih dari itu maka kuenya akan mengeras. Pada awalnya kue ini mempunyai rasa pandan dan seiringnya waktu, kue ini menjadi bervariasi rasa seperti rasa durian, coklat, dan keju.

Berdasarkan penjelasan M Muhar Omtatok yaitu seorang budayawan dan sejarawan, kue bika ambon berasal dari kue khas Melayu yakni Bika atau Bingka. Seiring berjalannya waktu dan zaman kue bika dimodifikasi dengan bahan pengembang dan menjadi berbeda dari kue bika atau bingka khas Melayu. Kemudian M Muhar Omtatok menuturkan bahwa kue ini bisa sampai disebut bika ambon lantaran pertama kali dijual dan terkenal di simpang Jl.Ambon-Seikera Medan.

jika kita ingin membuatnya dirumah pun sangat mudah dan sederhana yakni.

Bahan I:
10 butir telur (ambil kuningnya saja)
200 gr sagu tani
200 gr gula pasir

Bahan II: untuk biangnya
1 sdm ragi roti (yeast)
1 sdm gula pasir
1 sdm tepung terigu
3 sdm air hangat

Bahan III:
300 ml santan kental
2 lembar daun pandan
2 lembar serai
10 lembar daun jeruk

Cara membuatnya:

  • Untuk biang : campur semua bahan biang hingga rata, diamkan selama 10 menit.
  • Rebus santan dengan serai, daun pandan, daun jeruk sampai mendidih. Lalu dinginkan hingga hangat-hangat kuku.
  • Kocok kuning telur dan gula hingga halus, lalu masukkan sagu, biang, dan santan. Aduk sampai rata. saring, kemudian diamkan selama 3 jam.
  • Masukkan dalam cetakan, panggang dengan api bawah sampai kering. Lalu nyalakan api atas hingga matang.

caranya cukup mudahkan jadi kita bisa mempraktekannya di rumah dan membuatnya setiap saat untuk berbagai acara dan tambahan secangkir teh sebagai pelengkap agar lebih nikmat lagi.

Leave a Comment