Buah Bengkuang

Bengkuang termasuk buah dari umbi (cormus), yang biasanya dapat dibuat menjadi berbagai macam manfaat, seperti dibuat makan rujak, asinan atau dimakan langsung. Bahkan dapat digunakan sebagai bahan kecantikan untuk masker wajah, yaitu dapat menyegarkan wajah dan memutihkan kulit. Tumbuhan ini berasal dari Amerika Tropis dan buah ini termasuk kedalam suku polong-polongan (Fabaceae). Dan mungkin belum ada yang kalian tahu tentang buah ini. Bengkuang merupakan buah liana tahunan yang mampu mencapai panjang 4-5 meter, sedangkan akarnya bisa mencapai 2 meter. Batangnya yang menjalar dan membelit, serta rambut-rambut halus yang mengarah kebawah.

Buah bengkuang mengandung gula, pati, fosfor, dan kalsium bahkan buah ini memiliki efek pendingin, lantaran mengandung kadar air mencapai 86% – 90%. Rasa manis dari buah bengkuang ini berasal dari suatu oligosakarida yang disebut Inulin (not Insulin). Sifat ini sangat berguna bagi penderita diabetes atau yang sedang diet rendah kalori. Buah bengkuang ini sebaiknya disimpan pada tempat yang sejuk (kering) bersuhu 12° C-16° C. Perlu tahu, Untuk penyimpanan yang baik dapat membuat umbi bertahan hingga 2 bulan, tetapi jika suhu lebih rendah dapat mengakibatkan kerusakan.

Meskipun umbi ini banyak manfaatnya, ada bagian-bagian dari buah bengkuang ini yang beracun sebab mengandung rotenon, sama seperti Tuba. Racun yang sering digunakan untuk membunuh serangga atau menangkap ikan. Walaupun beracun, biji buah bengkuang ini dapat dijadikan bahan obat. Biji buah bengkuang yang ditumbuk dan dicampur dengan belerang berguna untuk menyembuhkan sejenis Kudis (penyakit kulit). Dan Jika terjadi keracunan biji bengkuang, bisa meminum air kelapa hijau. Buah bengkuang bisa digunakan untuk mempelancar buang air besar, karena buah ini mengandung serat yang lebih tinggi dari mangga.

Dan satu lagi yang perlu di ketahui, buah bengkuang juga memiliki manfaat yang mungkin semua orang suka. Dalam buah bengkuang terdapat kandungan Vitamin B6 yang dipercaya bisa mengembangkan kemampuan kognitif dan fungsi otak lainnya. Jadi itulah kelebihan dan kekurangan yang terdapat di buah bengkuang. Mari kita hidup sehat dengan mengonsumsi sayur dan buah setiap hari. Dengan porsi yang seimbang ya,.

Leave a Comment