Ice Cream Low Fat

Ice cream merupakan makanan beku yang dibuat dari produk susu Seperti krim, digabungkan dengan perasa dan pemanis. semua bahan ini Didinginkan dengan mengaduk sambil mengurangi suhunya untuk mencegah pembentukan kristal. Ada juga ice cream yang baik dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menjalankan diet, yaitu Low-fat ice cream yang memiliki kandungan lemak yang rendah yakni 2-4%.Kandungan minimal lemak pada pembuatan ice cream adalah 10%, karena lemak pada ice cream memiliki peranan penting untuk menghasilkan tekstur yang lembut, dan mempengaruhi laju pelelehan pada ice cream.

Rendahnya kandungan pada ice cream rendah lemak ini sangat berpengaruh terhadap sifat atau karakter pembuatan ice cream yang sangat tidak diinginkan, seperti kristal es yang besar, kasar, berkurangnya cream, dan laju leleh ice cream meningkat.Oleh karena itu, perlu ditambahkannya pengganti lemak ( fat replacer) agar sifat atau karakter ice cream rendah lemak ini yang dihasilkan mendekati dengan karakter full-fat ice cream.

Fat replacer ialah suatu senyawa yang berperan sebagai pengganti sebagian lemak dalam berbagai produk makanan dan minuman. Penggantian lemak dengan menggunakan fat replacer harus menghasilkan rendahnya kalori dan tidak boleh merusak sifat dari produk itu sendiri. Whey Protein Concentrate (WPC) yang umum digunakan ialah yang memiliki kandungan protein 34%-89%. Karena semakin tinggi kadar proteinnya, maka kandungan laktosa semakin rendah. Rendahnya kandungan laktosa pada ice cream akan menurunkan kesan berpasir pada ice cream.

Leave a Comment