Kelebihan dan Kekurangan dari Buah Alpukat

Kesehatan tubuh sangat penting bagi diri kita sendiri, karena ada pribahasa mengungkapkan “Mencegah lebih baik dari pada mengobati”  jika kita tidak mencegah maka penyakit akan mudah masuk kedalam tubuh kita dan mungkin ada penyakit yang kita tidak sangka-sangka bisa bersarang ditubuh kita. Maka dari itu, mulai sekarang kita harus paham betul apa yang dibutuhkan tubuh kita dan cara mencegah penyakit datang ke kita. Dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, seperti buah, sayuran, dan makanan-makanan yang memiliki jumlah kandungan Karbohidrat, Protein, Lemak, dan Vitamin yang cukup untuk tubuh kita.

Buah termasuk makanan yang sangat mudah untuk dikonsumsi bahkan sangat mudah kita jumpai dimana pun. Buah yang satu ini termasuk kedalam buah yang banyak sekali manfaat bagi tubuh kita yaitu buah Alpukat. Alpukat tidak hanya sekedar enak jika dibuat jus tetapi enak juga saat dimakan langsung. Karena dalam berbagai penelitian ilmiah, cara mendapatkan manfaat sehat dalam buah Alpukat. Kita seharusnya memakan daging buahnya secara utuh, bukan dengan dijadikan jus bahkan ditambahkan gula dan susu kental manis. Berikut Inilah manfaat yang didapatkan saat memakan buah Alpukat secara utuh:

1. Mencegah Stroke dan serangan jantung.
Dr. Paul Sanders dari University of Alabama, Birmingham, melakukan penelitian untuk melihat bagaimana manfaat kalium dan potassium pada buah Pisang dan Alpukat untuk kesehatan jantung. Karena buah pisang dan Alpukat mampu menghentikan penyumbatan fatal dengan mencegah pengerasan Arteri. Hal ini diduga karena kadar potassium yang rendah dalam darah akan mencegah ekspresi gen yang menjadi fleksibilitas Arteri.

2. Perlambat penuaan pada otak.
Didalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Frontiers in Aging Neuroscience, tim ahli menemukan kandungan lutein yang ada pada buah Alpukat dapat membantu memperlambat penuaan pada otak. Lantaran orang tua yang memiliki tingkat lutein lebih tinggi menunjukkan respons saraf yang setara dengan orang yang lebih muda yang memiliki kadar lutein lebih rendah.

3. Bebas Alergen.
Buah Alpukat termasuk buah yang bebas dari alergen atau zat yang dapat mempengaruhi pada suatu alasan. Buah Alpukat juga mengandung lemak baik yang bisa digunakan untuk asupan vegan.

Note:
Tetapi jangan terlalu sering dan berlebihan memakan Alpukat, karena yang berlebihan pasti tidak baik dan punya dampak buruknya. Konsumsi Alpukat yang berlebihan dapat meningkatkan berat badan, sebab 1 buah Alpukat ukuran sedang rata-rata memiliki berat 30 gram sehingga total yang dikonsumsi ialah 322 kalori dan ada lagi yaitu dapat menurunkan produksi ASI pada ibu hamil dan menyusui, dapat merusak hati, dan dapat menyebabkan iritasi saluran pada pencernaan. Itulah berbagai efek yang disebabkan berlebihan memakan buah Alpukat. Semoga bermanfaat dan Terima kasih.

Leave a Comment