KEMIWEL” iwel-iwel “

Jajanan Tradisional jawa sangat beragam dan mempunyai ciri khasnya masing-masing, salah satunya kue tradisional ini, yaitu iwel-iwel karena hanya bisa ditemui ketika acara selamatan menyambut kelahiran bayi atau ulang tahun yang biasanya orang jawa sebut “Ngempirne Neton” memang sangat jarang kita temukan kue Tradisional ini dipasar-pasar, karena kue ini hanya dibuat ketika sambutan/selamatan kelahiran saja.

kue iwel-iwel ini terbuat dari tepung ketan, kelapa parut, sedikit garam dan ditengahnya diletakan gula merah/gula aren dan dibungkus daun pisang yang dibentuk limas segitiga dan ditusuk lidi sebagai pengikat bungkusan daun pisangnya dan kemudian baru dikukus. Kata iwel-iwel berbentuk karena potongan do’a kepada orang tua ” Robbighfirli Waliwalidayya ” tetapi karena lidah orang jawa sukar melafalkannya maka jadinya iwel-iwel. Dan juga kata iwel-iwel yaitu berasal dari kata bahasa jawa yaitu KEMIWEL yang artinya menggemaskan. itu kenapa ketika bayi yang baru lahir biasa dibuat iwel-iwel, agar bayinya sehat, lucu, dan menggemaskan.

filosofi dari kue iwel-iwel ini yaitu menjadi harapan kedua orang tua semoga anaknya menjadi anak yang sholeh/sholeha dan berbakti kepada orang tuanya.

Leave a Comment