Kenapa ada Larangan Minum Alkohol?Inilah Penyebabnya!

Kebiasaan meminum-minuman Alkohol sudah ada sejak Zaman dulu dan terlebih lagi sudah ada pada masa Rasulullah dan justru masih ada sampai sekarang. Pada Awalnya memang diizinkan Khamr (Minuman Keras) tetapi semakin majunya zaman minuman ini diharamkan.

Minuman keras merupakan minuman yang mengandung zat Alkohol (Ethanol). karena minuman ini dihasilkan dari proses fermentasi atau penambahan zat Alkohol yang dapat membuat pengonsumsinya kehilangan kesadaran (mabuk). Minumana keras ini dapat di buat dengan cara Alami ataupun kimiawi yang biasanya dibuat dari bahan-bahan alami semacam anggur, beras, gandum, dan buah-buahan yang difermentasi.

Dalam proses fermentasi ada sebuah proses perubahan karbohidrat menjadi gula sederhana yang dapat menghasilkan ethanol sebagai zat sampingan (residu). Mengapa zat ethanol bisa membuat seseorang mabuk? Ini disebabkan adanya zat yang mampu menekan sistem saraf pusat dan bisa membuat seseorang hilang kendali (kesadaran).

Dalam Islam juga sudah jelas ada larangan meminum-minuman keras dan ini juga telah disebutkan dalam Al-Qur’an dan hadits secara nyata. Inilah Larangan umat Muslim untuk meminum-minuman keras dan dasar hukum larangan minuman keras, antara lainnya:

Allah SWT, mengutuk peminum Kharm (minuman keras).
Larangan mengenai minuman keras, disebutkan dalam surah An-Nisa ayat 43.
Allah berfirman, “Wahai orang yang beriman! Janganlah kamu mendekati sholat, ketika kamu dalam keadaan mabuk, samapai kamu sadar apa yang kamu ucapkan, dan jangan pula (kamu hampiri masjid ketika kamu) dalam keadaan junub kecuali sekedar melewati untuk jalan saja, sebelum kamu mandi (mandi junub). Adapun jika kamu sakit atau sedang dalam perjalanan atau sehabis buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, sedangkan kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan debu yang baik  (suci), usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Sungguh, Allah Maha Pemaaf, Maha Pengampun”.

Lalu didalam surah Al-Maidah ayat 90.
Allah berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya minuman keras, berjudi, (berkurban untuk) berhala, dan mengundi nasib dengan anak panah, adalah perbuatan keji dan termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah (perbuatan-perbuatan) itu agar kamu beruntung”.

Adapula dampak-dampak buruk yang ditimbulkan, jika kita meminum-minuman alkohol secara sembarangan:

  • Menyebabkan kerusakan pada otak
  • Menyebabkan gangguan fungsi hati (liver)
  • Menyebabkan terganggunya perkembangan janin
  • Dapat Meningkatnya risiko kanker
  • Dapat memicu hipertensi

Dalam bahasa Arab kharm berarti menutupi akal dan menghilangkannya. Banyak sekali resiko yang kita miliki jika kita masih meminum-minuman keras, bahkan dapat merusak diri kita sendiri. Maka dari itu, ayo hidup sehat dan sayangilah tubuh kita sendiri.

Leave a Comment