Kue Tradisional Nagasari

Zaman sekarang makanan khas atau Tradisional kini sudah jarang sekali ditemukan, karena munculnya makanan-makanan cepat saji dan makanan-makanan manis yang banyak sekali variannya. Makanan Tradisional yang satu ini mungkin semua orang mengetahuinya dan pernah merasakannya, kue yang terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula yang diisikan potongan buah pisang. Pisang yang biasanya digunakan untuk isian kue ini adalah jenis pisang raja. Dan kue ini dibalut dengan daun pisang kemudian dikukus agar harum dari daun pisang itu menyatu kedalam kue ini.

Karena sekarang ini sudah sangat jarang orang yang jual kue Nagasari ini, kita dapat membuatnya dirumah dengan mudah dan bisa membuatnya untuk diberbagai acara-acara keluarga atau arisan dirumah. Untuk itu kita siapkan dahulu bahan-bahannya.

Bahan-Bahan:

-5 buah pisang yang sudah dipotong-potong.
-200 gram tepung beras.
-100 gram tepung tapioka.
-1 sdt garam.
-50 gr gula pasir (sesuai selera).
-800 ml santan.
-2 lembar daun pandan.
-Dan daun pisang secukupnya.

Cara pembuatannya:
– Rebus santan, garam, gula, dan daun pandan sampai mendidih.
– perlahan-lahan masukan tepung tapioka dan tepung beras, aduk sampai teksturnya padat, lalu angkat.
– Siapkan daun pisang, ambil beberapa sendok adonan lalu isi dengan pisang dan bungkus adonan dengan daun pisang yang sudah dipotong sesuai ukuran.
– kukus selama ± 15-20 menit. Kemudian angkat dan sajikan.

Mudah dan sederhanakan bahan dan cara membuatnya, kita bisa mempraktekkannya dirumah- dan bisa menjadi cemilan untuk keluarga- Selamat mencobanya dirumah dan semoga bermanfaat. Terima kasih

Leave a Comment