Manggis, Buah dengan kadar Antioksidan tertinggi di Dunia

Manggis merupakan sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Semenanjung Malaya dan akhirnya menyebar ke kepulauan Nusantara. Bahkan tumbuhan buah manggis ini bisa tumbuh mencapai 7-25 Meter. Buah ini berwarna merah  keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah saja.

Buah manggis ini dikenal sebagai “Ratu Buah” karena mengandung aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Sehingga diluar negri, buah manggis ini dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Biomed Central Akses, menggambarkan bagaimana manfaat manggis mampu menurunkan tingkat protein C-reaktif. Buah manggis dapat pula menjadi obat awet muda karena dalam buah manggis terdapat zat antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan dan mampu menghambat penuaan. Zat ini bahkan mampu memperbaiki sel-sel jaringan tubuh yang rusak dan menggantikannya dengan yang baru. Menghambat pertumbuhan kanker, buah manggis banyak mengandung Xanthone yang merupakan senyawa anti-kanker, dan ekstrak kulit manggis bersifat opoptosis (penghancur sel kanker). Mengontrol Diabetes, buah manggis merupakan salah satu obat alami yang sangat efektif dalam mengelola dan menjaga kadar gula darah yang terdapat dalam tubuh.

Cara mengelola dan penyajiannya pun sangat mudah, untuk memperoleh manfaat buah manggis secara maksimal kalian bisa menyeduh potongan kulit manggis. Kulit manggis dipotong-potong, lalu direbus dengan 2 gelas air putih hingga tersisa 1 gelas saja, setelah itu saring air rebusannya kedalam gelas dan konsumsi secara teratur sebanyak 2-3 kali sehari.

Leave a Comment