Wedang Ronde

Ronde merupakan makanan Tradisional China dengan nama asli Tangyuan yang merupakan metafora dari kata reuni keluarga yang disebut Tuanyuan yang menyerupai Tangyuan. Dan ronde sendiri terbuat dari ketan yang dicampur sedikit air dan dibentuk menjadi bola, direbus, dan disajikan dengan kuah manis. Sedangkan di Indonesia ronde diisi kacang manis tumbuk, dan disajikan dengan air jahe yang biasa disebut Wedang Ronde.

Pada Wedang Ronde, air jahenya bisa dicampurkan dengan gula kelapa, diberi taburan kacang tanah goreng (tanpa kulit), potongan roti, kolang kaling dan sebagainya. Inilah langka-langka pembuatan Wedang Ronde yang mudah:

-Untuk isi ronde: haluskan kacang tanah sangrai dan gula pasir, tambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dipulung.

-Untuk kuah: campur dan didihkan semua bahan kuah, sambil sesekali diaduk, angkat lalu saring.

Untuk adonan ronde: campurkan tepung ketan, tapioka, dan garam, tuang air hangat sedikit demi sedikit, uleni sampai kalis, tidak lengket dan adonan bisa dipulung (menyatu sempurna dan tidak ambyar).

-Bagi adonan menjadi beberapa bagian, bentuk adonan menjadi bulat, pipihkan dan beri isian kacang, lalu bulatkan kembali sampai adonan habis.

-Siapkan air banyak dan rebus hingga mendidih, masukan ronde dalam air yang mendidih, masak hingga matang sampai mengapung, angkat lalu tiriskan.

-Tata beberapa butir ronde dan bahan pelengkap dalam mangkuk lalu siram dengan kuahnya.

Leave a Comment